PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP JARINGAN HEWAN

EKI WINDIA FARADIAH, 135040157 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZED (TAI) BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP JARINGAN HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
ABSTRAK B.INDO.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi keterampilan proses sains pada salah satu SMA swasta di Kota Bandung yang menunjukkan hasil keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran biologi dikategorikan rendah. Hal ini disebabkan karena ketika proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas model pembelajaran yang digunakan hanya sebatas ceramah (teacher centered). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dengan penerapan pembelajaran Team Assisted Individualized (TAI) berbasis macromedia flash pada konsep jaringan hewan. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design. Desain penelitian pada penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Populasi penelitian ini yaitu murid XI MIA 1 SMA Pasundan 8 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 31 siswa. Objek penelitian ini merupakan keterampilan proses sains siswa pada konsep jaringan hewan. Data diperoleh dari hasil pretest, posttest, dan lembar observasi. Setelah melaksanakan penelitian dan menganalisis data, dihasilkan data berupa rata-rata pretest 38,19 dan rata-rata posttest sebesar 69,68 dengan indeks gain 0,52 yang menunjukkan kategori sedang. Berdasarkan hasil observasi diperoleh ratarata peningkatan 0,6 yang menunjukkan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil yang signifikan, karena thitung < ttabel (α=0,01) yaitu 1,20 < 2,70. Berdasarkan data tersebut hipotesis dalam penelitian ini signifikan, bahwa penerapan pembelajaran Team Assisted Individualized (TAI) berbasis macromedia flash dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada konsep jaringan hewan. Kata Kunci: Team Assisted Individualized (TAI), Macromedia Flash, Keterampilan Proses Sains, Jaringan Hewan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:46
Last Modified: 20 Oct 2017 08:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31147

Actions (login required)

View Item View Item