PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP VIRUS

NUR KOMALA DEWI, 135040028 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (0B)
[img] Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
7 ABSTRACT.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8 ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (0B)
[img] Text
13 BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
14 BAB 2.pdf

Download (0B)
[img] Text
15 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
16 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
17 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar latar belakang masalah rendahnya hasil belajar siswa di SMA Pasundan 3 Bandung pada pelajaran biologi terutama pada materi virus, hal tersebut disebabkan karena siswa merasa jenuh dengan cara penyampaian materi oleh guru di sekolah terutama pada materi virus yang berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) agar bisa meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada konsep virus di SMA Pasundan 3 Bandung. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X ipa 2 Sma Pasundan 3 Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design tanpa adanya kelas kontrol. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 25 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah diuji cobakan sebelumnya. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji Z dan diperoleh dengan hasil uji Z signifikan karena z hitung > ztabel sebesar 3,65> 1,65. Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tolak Ho sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest sebesar 33,95 dan rata-rata pottest sebesar 73,5, hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran student teams achievement divisions (STAD), Hasil Belajar Virus.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:30
Last Modified: 20 Oct 2017 08:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31139

Actions (login required)

View Item View Item