PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 148 Cibaduyut Kota Bandung)

CEPI INDRAWAN, 135060183 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 148 Cibaduyut Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I Cepi Indrawan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II Cepi indrawan.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB III Cepi indrawan.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB IV Cepi indrawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Cepi indrawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli dan santun serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada Tema Indahnya Kebersamaan, subtema Kebersamaan dalam Keberagaman.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Peneliti bekerjasama dengan guru kelas.Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas IVsebagai observer.PTK ini terdiri dari tiga siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 148 Cibaduyut, sebanyak 27 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap peduli, dan santun.Sikap peduli cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT).Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB).Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa.Sikap santun cenderung berada pada kategori belum terlihat (BT).Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB).Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M). Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 14 orang atau sebesar 51% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 13 orang siswa atau sebesar 48%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 16 orang atau sebesar 59% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 11 orang siswa atau sebesar 40%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 88% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 11%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategor cukup (C).Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 19 Oct 2017 08:47
Last Modified: 19 Oct 2017 08:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31083

Actions (login required)

View Item View Item