ADITIYA RAMDANI, 133060003 and Jajan Rohjan, DS and Reza Martani Surdia, Ds (2017) Kajian Integrasi Angkutan Umum Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.
Text
000 COVER TA.docx Download (55kB) |
||
Text
00 ABSTRAK.docx Download (18kB) |
||
|
Text
01 BAB I PENDAHULUAN ADOT.pdf Download (477kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan kota sebagai perwujudan aktivitas manusia senantiasa mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Aktivitas kota menjadi daya tarik bagi masyarakat sehingga arus urbanisasi di kota tersebut mengalami peningkatan dari tahun – ke tahun. Peningkatan jumlah penduduk yang diakibatkan oleh pertumbuhan dan migrasi penduduk mengakibatkan semakin banyaknya permasalahan – permasalahan salah satunya permasalahan transportasi. Kota Bandung merupakan salah satu kota metropolitan yang ada di Indonesia, sebagai ibukota provinsi Jawa Barat. Hal ini tentunya membuat Kota Bandung tak luput dari permasalahan transportasi seperti tingginya angka jumlah penggunaan kendaraan pribadi yang kurang lebih 1,25 juta unit. Disisi lain moda angkutan umum yang ada di Kota Bandung seperti Trans Metro Bandung, DAMRI, dan Angkutan Kota mengalami tumpang tindih rute di koridor-koridor utama yang menyebabkan ketidakefektifan dari ketiga angkutan umum tersebut dalam melayani kebutuhan transportasi masyarakat. Serta halte/shelter belum menjadi tempat naik/turun penumpang dan tempat perpindahan antarmoda. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu konsep usulan untuk mengintegrasikan angkutan umum yang ada di Kota Bandung dari segi rute dan halte/shelter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis overlapping route, wilayah pelayanan, serta matriks asal tujuan. Hasil dari penelitian ini adalah membuat hirarki yang jelas antar angkutan umum yang ada di Kota Bandung yaitu Trans Metro Bandung (berbasis jalan) dan rencana Light Rail Transit (berbasis rel), DAMRI sebagai angkutan pendukung, dan Angkutan Kota sebagai angkutan pengumpan. Pada konsep ini juga mempertimbangkan rencana kereta cepat Jakarta-Bandung yang akan terhubung dengan stasiun terpadu gedebage dan stasiun Light Rail Transit terdekat di Gedebage, Hal ini akan mengakomodir pergerakan di PPK Gedebage. Konsep angkutan umum ini harus saling terhubung dengan halte/shelter sebagai tempat perpindahan moda dan naik/turun penumpang. Pada konsep ini halte/shelter sudah disesuaikan dengan kantung-kantung penumpang dan jarak ideal antar halte serta jarak ideal untuk perpindahan antar modanya. Kata Kunci : Transportasi Perkotaan, Manajemen Transportasi, Integrasi Angkutan Umum
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2017 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 07:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31077 |
Actions (login required)
View Item |