PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Cibogo Bandung)

RINA NOVITA SARI, 135060274 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SDN Cibogo Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstark indo.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Cibogo dan dilatar belakangi kegiatan pembelajaran subtema keberagaman budaya bangsaku yang kurang bermakna bagi siswa sehingga siswa mudah lupa materi yang telah disampaikan oleh guru serta penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dengan kurangnya penggunaan media dan terlalu berpusat pada guru menyebabkan siswa kurang percaya diri, rasa ingin tahu, dan toleransi terhadap pembelajaran subtema tersebut. Pada akhirnya hasil pembelajaran pada subtema perubahan keberagaman budaya bangsaku masih tergolong rendah dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/generalisasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perencanaan dan pelaksanaan yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Selain itu model discovery learning dapat meningkatkan sikap percaya diri, sikap rasa ingin tahu, sikap toleransi, keterampilan, dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh persiklusnya: Pada penilaian sikap percaya diri nilai rata-rata siklus I yaitu 61 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 72 dan pada siklus III mencapai nilai rata-rata 77. Pada penilaian sikap rasa ingin tahu nilai rata-rata siklus I yaitu 63 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 73 dan pada siklus III mencapai nilai rata-rata 79. Dan pada penilaian sikap toleransi nilai rata-rata siklus I yaitu 63 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 74 dan pada siklus III mencapai nilai rata-rata 76. Pada penilaian pengetahuan siklus I hasil post test nilai rata-rata yaitu 69, sedangkan siklus II hasil post test mencapai nilai rata-rata 78 dan pada siklus III hasil post test mencapai nilai rata-rata 82. Dan pada penilaian keterampilan siklus I nilai rata-rata yaitu 67, sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 70 dan pada siklus III mencapai nilai rata-rata 74. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Cibogo. Kata kunci: discovery learning, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:02
Last Modified: 19 Oct 2017 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31067

Actions (login required)

View Item View Item