Hasim, NPM. 158080003 (2017) ETNOGRAFI KOMUNIKASI BISNIS ETNIS SUNDA DI BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNPAS.
Text
jurnal ETNOGRAFI KOMUNIKASI BISNIS ETNIS SUNDA DI BANDUNG_HASIM.docx Download (47kB) |
|
Text
Halaman depan, i,ii,iii,iv,v,.docx Download (59kB) |
|
Text
Tesis bab 1,2,3,4,5 - REV-OKE 4.docx Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keingintahuan penulis mengenai individu sunda dalam menjalin hubungan bisnis dengan relasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek komunikasi bisnis yang dilakukan oleh etnis sunda di Bandung, untuk mengetahui pola komunikasi bisnis etnis sunda di Bandung, dan untuk mengetahui nilai-nilai komunikasi bisnis etnis sunda di Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subyek penelitian ini adalah individu sunda yang berbisnis di Bandung dalam bentuk pemikiran, perilaku, dan tindakan dalam berbisnis. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap beberapa subjek penelitian serta studi pustaka melalui buku referensi, jurnal komunikasi, dan website/ internet terkait dengan penelitian. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode purposive sampling, informan ini dipilih dengan mempertimbangkan beberapa aspek satu diantaranya mempunyai kegiatan bisnis baik dibidang jasa maupun produksi barang dan informan memahami dunia bisnis. Teknik ini dilakukan untuk membatasi jumlah informan karena luasnya wilayah Bandung dan terbatasnya waktu penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya perbedaan dan persamaan terkait dengan aspek-aspek, pola, dan nilai-nilai komunikasi bisnis etnis sunda di Bandung. Sesuai dengan pendapat para ahli bahwa etnis sunda ramah dan religius, hal demikian tergambarkan juga dalam berbisnis, Pebisnis sunda mempunyai konsep bisnis islami dan mempunyai prinsip tidak merugikan orang lain. Komunikasi dibangun dan dikembangkan dalam bentuk komunikasi antar pribadi, komunikasi kelompok kecil, komunikasi secara verbal dan non verbal. Penelitian Etnografi Komunikasi Bisnis Etnis Sunda di Bandung menghasilkan sebuah konsep dan pemahaman secara nyata menganai konsep dan teori dalam berbisnis khususnya etnis sunda yang ada di Bandung. Budaya sunda ikut berperan penting menyukseskan dan memperlancar proses negosiasi dan transaksi dalam dunia bisnis khususnya etnis sunda di Bandung. Kata kunci: sunda, bisnis, etnis
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 04:47 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 03:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31040 |
Actions (login required)
View Item |