PERANAN TENTARA NASIONAL INDONESIA (TNI) DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA IDEOLOGI PANCASILA DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM BELA NEGARA

ALDI RENALDI, 135010064 (2017) PERANAN TENTARA NASIONAL INDONESIA (TNI) DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA IDEOLOGI PANCASILA DALAM PENYELENGGARAAN PROGRAM BELA NEGARA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1.1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.7. ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.8. ABSTRACT.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.1 BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.2 BAB 2.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.3 BAB 3.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
2.4 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
2.5. BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
3.1 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Peranan, TNI, Ideologi Pancasila, Bela negara. Permasalahan yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara disebabkan kurang adanya program pemerintah terkait penerapan Ideologi Pancasila terhadap masyarakat. TNI berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan non-militer serta ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa, penindak terhadap setiap bentuk ancaman dan pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan. Dan ancaman terhadap kehidupan bangsa dan negara bukan hanya dari ancaman yang berbentuk fisik saja akan tetapi juga salah satunya adalah ancaman terhadap kesaktian Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia. Peneliti mengambil judul “Peranan TNI Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Ideologi Pancasila Dalam Program Bela Negara”. Dengan rumusan masalah “Bagaimana Peranan TNI dalam menumbukan Kesadaran Masyarakat Terhadap Ideologi Pancasila dalam Program Bela Negara”. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif untuk mengetahui sesuatu hal secara mendalam. Penelitian deskriptif berkaitan dengan pengumpulan fakta dan data secara valid untuk memberikan gambaran mengenai objek yang diteliti. Kesimpulan hasil penelitian yaitu: (1) Ideologi Pancasila pada saat ini sedang mengalami ujian dengan adanya pergolakan kehidupan sosial di masyarakat. Akan tetapi hal tersebut dapat dicermati secara positif bahwa Pancasila itu memiliki sifat dinamis yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan kehidupan masyarakat. (2) Salah satu bentuk kurangnya kesadaran akan pentingnya Ideologi Pancasila dalam masyarakat ialah bergolaknya kehidupan sosial masyarakat. Hal tersebut sangat dipengaruhi oleh tingkah laku ketidakdisiplinan dari oknum politikus dan pemerintah. (3) Bela negara merupakan suatu keharusan setiap bangsa/negara diseluruh dunia dalam upaya mempertahankan eksistensi negara. (4) Peranan TNI dalam program bela negara ialah sebagai pelatih yang mendorong perilaku disiplin para masyarakat (peserta) yang mengikuti pelatihan bela negara. (5) Faktor penghambat program bela negara ialah belum adanya regulasi yang mengatur secara masif dan spesifik terkait bela negara. (6) Upaya yang telah dilakukan TNI dalam mengatasi faktor penghambat tersebut ialah meningkatkan kerja sama dengan masyarakat terkait pelatihan bela negara melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:52
Last Modified: 19 Oct 2017 03:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31038

Actions (login required)

View Item View Item