ALLIN PRADITYA, 135060205 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD YKPPK Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indo.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Allin.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Allin.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Allin.pdf Download (680kB) | Preview |
|
Text
BAB IV Allin.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
||
Text
BAB V Allin.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap santun, peduli, dan tanggung jawab serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan, Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas III sebagai observer. PTK ini terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD YKPPK, sebanyak 23 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap santun, peduli, dan tanggung jawab. Sikap santun cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M). Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 13 orang siswa atau sebesar 55% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau 45%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang siswa atau sebesar 65% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 6 orang siswa atau sebesar 35%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 22 orang siswa atau sebesar 96% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 4%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B). Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik. Kata kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 08:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 08:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31006 |
Actions (login required)
View Item |