PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA DI KELAS V SDN KARANGHARJA 03 ( Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda – Benda Di Lingkungan Sekitar Subtema Wujud Benda Dan Cirinya Kelas V SDN Karangharja 03 Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi )

RATIH HANIPAH, 135060143 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA WUJUD BENDA DAN CIRINYA DI KELAS V SDN KARANGHARJA 03 ( Penelitian Tindakan Kelas Tema Benda – Benda Di Lingkungan Sekitar Subtema Wujud Benda Dan Cirinya Kelas V SDN Karangharja 03 Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER. pdf.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
abstrak indonesia.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
abstrak Inggris. pdf.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak Sunda.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 . pdf.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 .pdf.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 .pdf.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
bab 5. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian berjudul penerapan model Problem Based Learning untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan meningkatkan nilai hasil belajar, latar belakang permasalahan yang ada di lapangan yaitu hasil belajar peserta didik yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan rendahnya kepercayaan diri dan nilai hasil belajar. Hal ini disebabk an guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat belajar. Rancangan penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan peningkatan rata-rata kepercayaan diri I dari 37 dan siklus kedua dari 48 dan siklus ketiga dari 81, dan hasil belajar siswa juga meningkat bersamaan dengan pertemuan tersebut. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat mendorong rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik pada subtema objek dan karakteristik Kelas V SDN Karangharja 03. Peserta didik juga menunjukkan sikap / respon positif terhadap proses pembelajaran. dengan menggunakan model Problem Based Learning. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning dapat dijadikan model pembelajaran alternatif untuk pembelajaran. Kata kunci: Problem Based Learning, harga diri, nilai hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:02
Last Modified: 18 Oct 2017 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31003

Actions (login required)

View Item View Item