PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI (Sub Tema Koperasi Kelas X MIPA 3 di SMAN 6 Bandung)

MUHAMMAD BILAL AL AMIN, 135020029 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI (Sub Tema Koperasi Kelas X MIPA 3 di SMAN 6 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover no sidang.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrack bahasa inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 2.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 3.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Media Pe mbelajaran Audio-Visual Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pe mbelajaran Ekonomi Sub Te ma Koperasi di Kelas X MIPA 3 SMAN 6 Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui p enerapan media pembelajaran audio- visual dan keaktifan belajar siswa dalam pe mbelajaran ekonomi sub tema koperasi di kelas X MIPA 3 SMAN 6 Bandung serta untuk mengetahui p engaruh media pembelajaran audio- visual terhadap keaktifan belajar siswa dalam pe mbelajaran ekonomi sub tema koperasi di kelas X MIPA 3 SMAN 6 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 6 Bandung yang berjumlah 33 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata- rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata- rata tanggapan responden mengenai media pembelajaran audio- visual sebesar 4,13, sedangkan mengenai keaktifan belajar siswa sebesar 4,20, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ta nggapan responden terhadap media pembelajaran audio- visual dan keaktifan belajar “ Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan media pembelajaran audio- vis ual yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,607%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 60,70 % terhadap variabel Y dan sisanya 40% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 60,70% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi media pembelajaran dan keunggulan media audio- visual. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai ak hir penelitian, penulis menyampaikan saran j ika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang dipadukan dengan media pembelajaran audio- visual yaitu pemutaran video yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena cara ini dapat membuat siswa lebih aktif untuk belajar dan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio-Visual dan Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:18
Last Modified: 18 Oct 2017 07:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30990

Actions (login required)

View Item View Item