PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI (Sub Tema Koperasi Kelas X MIPA 3 di SMAN 6 Bandung)

MUHAMMAD BILAL AL AMIN, 135020029 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI (Sub Tema Koperasi Kelas X MIPA 3 di SMAN 6 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
2. Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. abstrack bahasa inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
12. BAB 2.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 3.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar pustaka.pdf

Download (10kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Media Pe mbelajaran Audio-Visual Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Sub Te ma Koperasi di Kelas X MIPA 3 SMAN 6 Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran audio-visual dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi sub tema koperasi di kelas X MIPA 3 SMAN 6 Bandung serta untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi sub tema koperasi di kelas X MIPA 3 SMAN 6 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 6 Bandung yang berjumlah 33 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai media pembelajaran audio- visual sebesar 4,13, sedangkan mengenai keaktifan belajar siswa sebesar 4,20, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap media pembelajaran audio-visual dan keaktifan belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan media pembelajaran audio- visual yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,607%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 60,70% terhadap variabel Y dan sisanya 40% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 60,70% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi media pembelajaran dan keunggulan media audio-visual. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang dipadukan dengan media pembelajaran audio-visual yaitu pemutaran video yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena cara ini dapat membuat siswa lebih aktif untuk belajar dan akan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran Audio-Visual dan Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:12
Last Modified: 18 Oct 2017 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30989

Actions (login required)

View Item View Item