PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA SISWA SMP

HELMINA REGITA, 135050021 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS PADA SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK INDO.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAk INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) adalah pendekatan pembelajaran yang berdasarkan pada ide bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika harus dihubungkan secara nyata terhadap kontruks kehidupan sehari-hari. Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kemampuan yang akan dicapai siswa, yakni siswa diharapkan mampu memahami masalah, merencanakan strategi dan prosedur pemecahan masalah, melakukan prosedur pemecahan masalah, serta memeriksa kebenaran jawaban dan hasil yang diperoleh. Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan atau pengalaman menemukan, berdiskusi dan berkolaborasi, berargumentasi. Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) menempatkan siswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa (2) mengetahui sikap Disposisi Matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (3) mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pasundan 2 Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-D RME (Realistic Mathematics Education) dan kelas VIII-C (konvensional) Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan angket skala Disposisi Matematis siswa. Tes yang digunakan adalah tes tipe subjektif (uraian). Cara menganalisis data adalah dengan IBM SPSS Statistik 24.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Sikap Disposisi Matematis siswa yang memperoleh pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan konvensional. Tidak terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : RME (Realistic Mathematics Education), Kemampuan Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:09
Last Modified: 18 Oct 2017 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30988

Actions (login required)

View Item View Item