MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA MANFAAT MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 063 Kebon Gedang Kota Bandung)

RANI RACHMAWATI, 135060258 (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA MANFAAT MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 063 Kebon Gedang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model Problem Based Learning pada Subtema Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 063 Kebon Gedang dan dilatar belakangi kegiatan pembelajaran Subtema Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi yang dilakukan kurang bermakna bagi peserta didik, sehingga peserta didik mudah lupa materi yang disampaikan oleh guru serta penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan peserta didik kurang termotivasi terhadap pembelajaran Subtema Makanan Sehat dan Bergizi. Pembelajaran Subtema Makanan Sehat dan Bergizi masih tergolong rendah dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM, karena guru belum menggunakan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning yang terdiri dari 5 fase, yaitu mengorientasikan peserta didik terhadap masalah, mengorganisasi peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian motivasi dan hasil tes belajar. Pada penilaian motivasi nilai rata-rata Siklus I yaitu 70, pada Siklus II mencapai nilai rata-rata 71, dan pada Siklus III mencapai nilai rata-rata 79. Hasil belajar Siklus I pada pretes nilai rata-ratanya yaitu 51 sedangkan post tes nilai rata-ratanya yaitu 69, hasil belajar Siklus II pada pretes nilai rata-ratanya yaitu 62 sedangkan post tes nilai rata-ratanya yaitu 71, dan hasil belajar Siklus III pada pretes nilai rata-ratanya yaitu 71 sedangkan post tes nilai rata-ratanya yaitu 80. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Subtema Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi di kelas IV SDN 063 Kebon Gedang. Kata kunci: problem based learning, motivasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:25
Last Modified: 18 Oct 2017 06:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30969

Actions (login required)

View Item View Item