PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN DAN STRATEGI OPERASI TERHADAP INOVASI PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada PT Indo-Rama Synthetics Tbk)

RYAN GIANDHI KURNIA, 134020168 (2017) PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN DAN STRATEGI OPERASI TERHADAP INOVASI PROSES PRODUKSI (Studi Kasus pada PT Indo-Rama Synthetics Tbk). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
Judul penelitian.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan lembar pengesahan draft skripsi.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK AML.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01. Bab 1.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Bab 2.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. Bab 3.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Daftar pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pembahasan tentang pengaruh penerapan akuntansi manejemen lingkungan dengan inovasi perusahaan masih menjadi penelitian yang terus dikembangkan agar kinerja keuangan untuk lingkungan dan kinerja perusahaan untuk terus sinergis khususnya dalam sektor industri dan pertambangan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan agar pengembangan pengaruh yang ditimbulkan dari akuntansi manajemen lingkungan dapat diperluas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penerapan akuntansi manajemen lingkungan dan strategi operasi terhadap inovasi proses produksi. Penelitian ini dilakukan di PT Indorama Synthetics Tbk yang berada di Ubrug, Jatiluhur, Kab. Purwakarta, Jawa Barat dengan jenis penelitian kuantitatif model pendekatan studi kasus. Teknik penentuan sampel digunakan adalah dengan menggunakan simple random sampling kepada para pihak manajer financial shared service, operation management, dan process production PT Indorama Synthetics Tbk. Data yang digunakan diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 54 karyawan perusahaan yang berada di level manajer. Model analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Pengujian kualitas data yang digunakan adalah validitas data dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji – F, uji – t dan adjusted R2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan akuntansi manajemen lingkungan memberikan pengaruh tapi tidak signifikan terhadap inovasi proses produksi pada PT Indorama Synthetics Tbk dengan kontribusi sebesari 7,2% sedangkan strategi operasi berpengaruh dan signifikan terhadap inovasi proses produksi pada PT Indorama Synthetics Tbk, dengan kontribusi sebesar 22,6%. Sedangkan 70,2% merupakan variabel yang lain yang tidak diteliti yang mempengaruhi inovasi proses produksi Kata Kunci : Akuntansi Manajemen Lingkungan, Strategi Operasi, Inovasi Perusahaan, Inovasi Proses Produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2013
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:26
Last Modified: 18 Oct 2017 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30956

Actions (login required)

View Item View Item