MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR TEMA KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kayu Ambon Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Semester II Tahun Ajaran 2016/2017)

Euis Nurjanah, 145060255 (2017) MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR TEMA KAYANYA NEGERIKU SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kayu Ambon Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat Semester II Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. Cover skripsi eusi nurjanah 2017.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstack.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I Pendahuluan.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II Kajian Teori dan Kerangka Pemikiran.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III Metode Penelitian.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya percaya diri dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV A SDN 1 Kayuambon. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar peserta didik karena guru selalu menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model-model pembelajaran yang lain khususnya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) belum pemah digunakan. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus pada peserta didik kelas IV A SDN 1 Kayu Ambon Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat sebanyak 45 orang dengan topik yang diajarkan adalah Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I ranah kognitif sebesar 67%, siklus II 73% kemudain Siklus III 93%. Pada ranah apektif siklus I sikap percaya diri sebesar 58% dan siklus II 82% kemudian siklus III 92%, siklus I sikap peduli sebesar 52% dan siklus II 80% kemudian siklus III 94%, siklus I sikap tanggung jawab sebesar 68% dan siklus II 85% kemudian siklus III 95%. Pada aspek psikomotor pada siklus I sebesar 59%, siklus II 87% dan siklus III menunjukan peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 96%. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat dijadikan model alternatif yang mampu meningkatkan percaya diri dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning , Hasil Belajar siswa,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 04:06
Last Modified: 18 Oct 2017 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30954

Actions (login required)

View Item View Item