PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA) DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA

ALFIATRI ARIF SUSILO, 135050083 (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA) DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan representasi matematis dianggap penting untuk membantu siswa dalam membuat hubungan, membandingkan, mengembangkan dan memperdalam pemahaman konsep matematika. Di sisi lain, salah satu elemen penting pengembangan sikap siswa adalah rasa percaya diri berdasarkan pengalaman keberhasilan, baik pengalaman diri sendiri ataupun pengalaman oranglain (self- efficacy). Model pembelajaran Concrete-Pictorial- Abstract (CPA) merupakan pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika, melalui keadaan konkrit hingga ke tahap abstrak. Serupa dengan model pembelajaran Discovery Learning yang membentuk pola pikir anak. Kedua pembelajaran ini lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Menurut metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak kelompok, dalam hal ini acak kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis. Tes diujicobakan di kelas XI. Dari hasil uji coba delapan soal, delapan soal digunakan untuk tes yang salah satunya digunakan dengan revisi. Setelah data terkumpul, data dianalisis menggunakan uji perbandingan dua rerata. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: Kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning; self-efficacy siswa yang mendapatkan pembelajaran Concrete-Pictorial- Abstract (CPA) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Self-Efficacy, Pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:16
Last Modified: 18 Oct 2017 03:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item View Item