PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 130 SEKELIMUS BATUNUNGGAL ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Sub Tema 1 Wujud Benda Dan Cirinya)

ASEP NURDIAWAN, 135060245 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 130 SEKELIMUS BATUNUNGGAL ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Benda-Benda di Lingkungan Sekitar Sub Tema 1 Wujud Benda Dan Cirinya). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB II.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB III.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text
17 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
18 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Discovery Learning pada subtema wujud benda dan cirinya. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 130 Sekelimus Batununggal dan dilatarbelakangi keadaan siswa yang kurang menunjukan keaktifan dan hasil belajar di dalam proses pembelajaran yang masih banyak dibawah KKM, dikarenakan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran , sikap siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian sikap dan hasil tes belajar. Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yaitu, hasil belajar siklus I 55 % II 73% dan hasil belajar siklus III rata-rata nilai mencapai 95%. Respon siswa pada siklus I 67%, sklus II 76% dan mengalamipeningkatan pada siklus III 97%. Hasil belajar pada siklus I 55%, hasil belajar siklus II 73%, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 95%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan Model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema wujud benda dan cirinya di kelas V SDN 130 Sekelimus Batununggal. Dengan demikian, penggunaan Model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik pada subtema yang lainnya. Kata kunci: Discovery Learning, Respon siswa, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:38
Last Modified: 17 Oct 2017 08:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30927

Actions (login required)

View Item View Item