MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MENGGUNAKAN KARTU KATA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tematik di Kelas I SDN Haurgeuliskolot Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu)

WIEKE TRI RATNASARI, 135060234 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AWAL MENGGUNAKAN KARTU KATA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING ( Penelitian Tindakan Kelas pada Tematik di Kelas I SDN Haurgeuliskolot Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan membaca awal siswa menggunakan kartu kata bergambar melalui model pembelajaran discovery learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas I SDN Haurgeuliskolot Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang belum dapat membaca tetapi sudah mengenal huruf salah satu faktor penyebab kondisi tersebut adalah guru jarang menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat mendorong siswa aktif secara fisik maupun mental. Siswa kurang mendapat kesempatan untuk menyampaikan perasaan dan gagasannya, dan guru masih berperan sebagai pusat informasi. Situasi seperti inilah yang akhirnya menjadikan siswa takut salah, tidak memiliki keberanian berbicara, dan kelas menjadi sangat pasif. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam siklus dan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dan menggunakan kartu bergambar. Penggumpulan data menggunakan teknik observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan kartu bergambar melalui model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan membaca awal dilihat dari adanya peningkatan pencapaian nilai tes kemampuan membaca awal. Persentase nilai tes kemampuan siswa sebelum tindakan sebesar 14.711 % kemudian pada siklus I diperoleh persentase 52,94 % dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 991,11 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa dengan menggunakan kartu kata bergambar melalui model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan kemampuan membaca awal siswa di kelas I SDN Haurgeuliskolot. Kata kunci : Kartu Kata Bergambar, Model Discovery Learning dan Kemampuan Membaca Awal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:34
Last Modified: 17 Oct 2017 08:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30926

Actions (login required)

View Item View Item