PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Kelas III SDN Cimuncang 043 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018)

RIZAL ABIDARDA, 135060292 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan Kelas III SDN Cimuncang 043 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover Rizal Abidarda 135060292 .pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT Bahasa Inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT Bahasa Indonesia Rizal Abidarda 135060292.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. Bab I Rizal Abidarda 135060292.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II Rizal Abidarda 135060292.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III Rizal Abidarda 135060292.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB IV Rizal Abidarda 135060292.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
16. BAB V Rizal Abidarda 135060292.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
17. Daftar Pustaka Rizal Abidarda 135060292.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran dengan subtema Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Cimuncang 043 Kota Bandung. Sekolah ini memiliki latar belakang peserta didik yang kurang menunjukkan hasil belajar yang memuaskan atau dapat dikatakan bahwa hasil belajar peserta didik masih di bawah Kriteria Keberhasilan Minimal (KKM), hal ini dikarenakan pada kegiatan pembelajaran pendidik belum menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tetapi masih sering menggunakan metode pembelajaran ceramah yang cenderung monoton. Penelitian ini juga didukung dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya, dan menerapkan model pembelajaran problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari 5 fase, yaitu orientasi peserta didik kepada masalah, mengorganisasi peserta didik untuk belajar, membimbing pengalaman individual/kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan penggunaan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan pendidik dan peserta didik selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata – rata dari penilaian hasil belajar. Pada penilaian hasil belajar, aspek pengetahuan siklus 1 nilai ratarata ketuntasan belajar mencapai 53,3% , dan hasil belajar siklus 2 nilai rata-rata ketuntasan belajar mencapai 73,3% sedangkan siklus 3 nilai rata-rata ketuntasan belajar mencapai 83% dari seluruh jumlah Keseluruhan peserta didik yaitu 30 peserta didik. Hal ini dikarenakan bahwa dalam.kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran subtema Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan di sekolah tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada kegiatan pembelajaran subtema Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewa dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:23
Last Modified: 17 Oct 2017 08:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30923

Actions (login required)

View Item View Item