PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Subtema Bersyukur atas Keberagaman di SDN 184 Buah Batu Kota Bandung)

MARIO ADITYA PRATAMA, 135060281 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Subtema Bersyukur atas Keberagaman di SDN 184 Buah Batu Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak B. Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak B. Inggris.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak B. Indo.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB II.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. BAB III.pdf

Download (846kB) | Preview
[img] Text
19. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
20. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
21. Daftar Pustaka.pdf

Download (201kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran tematik mempunyai peran dalam pembentukan karakter siswa, selain itu kemampuan pemecahan masalah dengan cara temuan-temuan sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) apakah perencanaan pembelajaran tematik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran tematik dengan menerapkan model pemeblajaran Discovery Learning dapat meningkatkan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) Merumuskan masalah, (2) Merumuskan jawaban sementara, (3) Menguji jawaban tentative, (4) Menarik kesimpulan, (5) Menerapkan kesimpulan, dengan popoulasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN 184 Buah Batu Kota Bandung tahun ajaran 2017/2018. Teknik evaluasi dalam penelitian ini adalah berupa tes pilihan ganda, teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui sikap peduli dan santun siswa tumbuh dengan menggunakan model Discovery Learning dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Perencanaan model Discovery Learning untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 184 Buah Batu Kota Bandung menunjukan bahwa pada siklus III Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam kategori Amat Baik. (2) Pelaksanaan model Discovery Learning untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 184 Buah Batu Kota Bandung menunjukan bahwa pada siklus III Pelaksanaan Pembelajaran dalam kategori Amat Baik. (3) Sikap siswa menunjukan perilaku yang berkembang atau mengalami peningkatan dengan kategori Membudaya. (4) Hasil belajar siswa pada aspek kognitif menunjukan peningkatan pada nilai rata-rata 80. (5) Hasil belajar siswa pada aspek keterampilan menunjukan peningkatan denagn kategori Sangat Baik. (6) Respon angket siswa menunjukan peningkatan dalam proses pembelajaran dengan kategori Sangat Baik. Kata Kunci: Model Discovery Learning, sikap peduli dan santun, hasil belajar, subtema bersyukur atas keberagaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:20
Last Modified: 17 Oct 2017 08:20
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30922

Actions (login required)

View Item View Item