PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cipeujeuh 01 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017)

AHMAD ZAENAL, 135060301 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cipeujeuh 01 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I FIX.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II FIX.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III FIX.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
18. BAB V FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada hasil belajar siswa terdiri dari tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 53% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 72% dengan kategori cukup dan siklus III sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Pada ranah afektif siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 56% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 69% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 84% dengan kategori baik. Pada ranah psikomotor, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 53% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 69% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 88% dengan kategori baik. Salah satu kendala dalam penelitian ini yaitu penggunaan waktu yang kurang efisien sehingga untuk mengatasinya hanya mengajukan beberapa pertanyaan dan memberikan informasi secara singkat saja. Dari peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia kelas IV SDN Cipeujeuh 01 dengan menggunakan model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Hambatan, Upaya.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:17
Last Modified: 17 Oct 2017 08:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30921

Actions (login required)

View Item View Item