AHMAD ZAENAL, 135060301 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Cipeujeuh 01 Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I FIX.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II FIX.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB III FIX.pdf Download (631kB) | Preview |
|
Text
17. BAB IV FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
18. BAB V FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia dengan menggunakan model problem based learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan pembelajaran. Adapun tahapan dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada hasil belajar siswa terdiri dari tiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 53% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 72% dengan kategori cukup dan siklus III sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Pada ranah afektif siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 56% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 69% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 84% dengan kategori baik. Pada ranah psikomotor, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 53% dengan kategori kurang, siklus II sebesar 69% dengan kategori kurang dan siklus III sebesar 88% dengan kategori baik. Salah satu kendala dalam penelitian ini yaitu penggunaan waktu yang kurang efisien sehingga untuk mengatasinya hanya mengajukan beberapa pertanyaan dan memberikan informasi secara singkat saja. Dari peneltian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia kelas IV SDN Cipeujeuh 01 dengan menggunakan model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Hambatan, Upaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 08:17 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 08:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30921 |
Actions (login required)
View Item |