PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sukamanah Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta)

Heni Pujianti Gunawan, 135060192 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sukamanah Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (B Inggris).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (B Sunda).pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (B indonesia).pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian yang berjudul penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada dilapangan yaitu hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan rendahnya sikap peduli dan santun serta nilai hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh guru yang masih menggunakan metode konvensional atau metode ceramah pada saat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Sukamanah, sebanyak 20 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap yaitu sikap peduli dan santun cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB. Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M) dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 35% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 13 orang siswa atau sebesar 65%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 15 orang atau sebesar 75% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 5 orang siswa atau sebesar 25%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 19 orang atau sebesar 95% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 5%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B), Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik (A). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:45
Last Modified: 17 Oct 2017 07:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30912

Actions (login required)

View Item View Item