MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SERTA HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TWO STAY TWO STRAY PADA SUBTEMA PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V SDN 043 CIMUNCANG BANDUNG

MUHAMAD IQBAL HIBATULLAH, 135060303 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SERTA HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TWO STAY TWO STRAY PADA SUBTEMA PERUBAHAN WUJUD BENDA DI KELAS V SDN 043 CIMUNCANG BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indo, Inggris, dan Sunda.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi ACC.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II skripsi ACC.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Skripsi ACC.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Skripsi ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Skripsi ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh penulis memiliki rumusan masalah diantaranya Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada subtema Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas V SDN 043 Cimuncang?. Tujuan penelitian ini diantaranya ingin mengetahui penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), ingin mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan penerapan model pembelajaran Cooperative Two Stay Two Stray dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa dalam subtema Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas V. Adapun hasil dari penelitian ini adalah peneliti mengetahui dan mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran serta menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Two Stay Two Stray sehingga dapat meningkatkan Komunikasi siswa dan hasil belajar dalam subtema Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas V dengan penilaian persiapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan kategori sangat baik yaitu 3,74 dan penilaian pelaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik yaitu 3,52, serta dengan penilaian komunikasi belajar siswa dengan presentase 76,8% dan dikategorikan baik .Penilaian hasil belajar yang di ambil dari 20% pretest dan 80% postest dengan nilai rata-rata 74. Di dalam setiap pertemuan mengalami peningkatan baik dalam penilaian komunikasi belajar siswa maupun hasil pretest dan postes. Pada akhirnya data yang diperoleh pada saat pra siklus telah meningkat pada siklus I,II, dan III dengan data awal hasil belajar siswa 36,8% meningkat menjadi 84,2%. Penelitian ini semoga saja bisa menjadi bahan acuan agar tercapainya komunikasi serta hasil belajar ditingkat sekolah dasar manapun, sehingga pembelajaran terlihat lebih aktif dengan melibatkan siswa disetiap pembelajarannya. Kata Kunci : Cooperative Two Stay Two Stray , Komunikasi , dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:40
Last Modified: 17 Oct 2017 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30911

Actions (login required)

View Item View Item