PEMBELAJARAN MENYUSUN IKHTISAR DARI DUA TEKS NONFIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Shelvina Aprillyani Dasuki, 135030106 (2017) PEMBELAJARAN MENYUSUN IKHTISAR DARI DUA TEKS NONFIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I VINA.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II VINA.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III VINA.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
BAB IV VINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V VINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Model think pair share merupakan cara menarik untuk menstimulasi diskusi yang aktif dan kreatif. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Menyusun Ikhtisar dari Dua Teks Nonfiksi dengan Menggunakan Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Apakah penulis dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran menyusun ikhtisar dari dua teks nonfiksi menggunakan metode think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung?; (2) Dapatkah siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung menyusun ikhtisar dari dua teks nonfiksi secara tepat?; dan (3) Efektifkah metode think pair share digunakan dalam pembelajaran menyusun ikhtisar dari dua teks nonfiksi pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu:(1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menyusun ikhtisar dari dua teks nonfiksi (biografi dan feature) dengan menggunakan metode think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung; (2) Siswa kelas X mampu menyusun ikhtisar dari dua teks nonfiksi (biografi dan feature) yang berfokus pada pola penyajian serta hal-hal yang patut diteladani dalam teks biografi dan feature secara tepat; dan (3) Penggunaan metode think pair share efektif digunakan untuk siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung dalam pembelajaran menyusun ikhtisar dari dua teks nonfiksi (biografi dan feature). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre-Experimental Design jenis The One Group Pretest Posttest dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan analisis data. Adapun simpulannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menyusun ikhtisar Dari dua teks nonfiksi dengan menggunakan metode think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung. 2. Siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung mampu menyusun ikhtisar dari dua teks nonfiksi dengan menggunakan metode think pair share. Model think pair share efektif digunakan untuk siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandung dalam pembelajaran menyusun ikhtisar dari dua teks nonfiksi dengan menggunakan metode think pair share. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, Menyusun, Ikhtisar, Teks Nonfiksi, Model Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:33
Last Modified: 17 Oct 2017 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30910

Actions (login required)

View Item View Item