PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

Refvi Arini Yuana Putri, 135050073 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAC FIX.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FIX.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka fix.pdf

Download (91kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP relatif masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional; 2) Mengetahui selfconfidence siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell lebih baik daripada siswa yang memperoleh model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPNegeri 6 Cikarang Utara. Adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket self-confidence. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Exel dan software SPSS 16.00 for windows. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe The Learning Cell lebih baik daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) Selfconfidence siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell lebih baik daripada self-confidence siswa yang menggunakan model konvensional. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell, Self-Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:23
Last Modified: 17 Oct 2017 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30907

Actions (login required)

View Item View Item