PUTRI ANDINA DJASWANA, 135050069 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MANONJAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (423kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan salah satu dari kemampuan siswa yang harus dikembangkan selama dan sesudah proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning , 2) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran metematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok kontrol pretespostes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manonjaya dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 1 Manonajaya yang dipilih secara acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes tipe uraian dan skala sikap menggunakan skala Likert. Berdasarkan analisis hasil uji coba, semua soal tes layak untuk dipakai penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 23.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Discovery Learning. Selain itu, sikap siswa positif terhadap pembelajaran kooperatif dengan tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran matematika . Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif dengan tipe Group Investigation (GI) dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Kooperatif, tipe Group Investigation (GI), Sikap
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 07:19 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 07:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30905 |
Actions (login required)
View Item |