PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS VI SDN BUGEL 01 KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas VI Semester I SDN Bugel 01 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung)

Sri Puji Yuliani, 135060009 (2017) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SISWA KELAS VI SDN BUGEL 01 KECAMATAN CIPARAY KABUPATEN BANDUNG (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas VI Semester I SDN Bugel 01 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan menulis dialog sederhana siswa kelas VI di SDN Bugel 01 setelah siswa mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT)?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana siswa pada materi dialog sederhana melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VI SDN Bugel I. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini meliputi dua siklus dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan evaluasi tes siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dilihat dari segi proses dikatakan berhasil apabila minimal 80% proses pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan baik. Sedangkan hasil dikatakan berhasil apabila minimal 75% dari 25 siswa lebih dari KKM. Hasil analisis data dapat dijelaskan satu-persatu berikut ini: Hasil rata-rata observasi proses pembelajaran aktivitas mengajar guru siklus I sebesar 3,15 dengan kategori baik, hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 2,92 dengan kategori kurang baik. Hasil tes siklus I diperoleh sebesar 2,71 dengan presentase 40% dikategorikan sedang. Kemudian hasil observasi skenario pembelajaran aktivitas mengajar guru siklus II sebesar 3,8 dengan kategori sangat baik, hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus II sebesar 3,44 dengan kategori sangat baik. Hasil tes siklus II diperoleh sebesar 3,22 dengan presentase ketuntasan 100% dikategorikan sangat baik. Disimpulkan bahwa keterampilan menulis dialog sederhana siswa pada materi dialog sederhana melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat ditingkatkan khususnya di SDN Bugel 01 Tahun pelajaran 2017/2018. Saran kepada para guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif khususnya model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Karena NHT terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis dialog sederhana, maka disarankan digunakan oleh tenaga pendidik khususnya dalam melatihkan keterampilan menulis dialog sederhana siswa. Kata Kunci: Model Numbered Head Together (NHT) Keterampilan Menulis Dialog Sederhana

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2017 07:05
Last Modified: 17 Oct 2017 07:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30898

Actions (login required)

View Item View Item