PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WRITE PAIR SWITCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN SELF-CONFIDENCE MATEMATIS PADA SISWA SMK

SITI ROHANAH, 135050051 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WRITE PAIR SWITCH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN SELF-CONFIDENCE MATEMATIS PADA SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (790kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Write Pair Switch dalam pembelajaran matematika pada materi eksponen bulat positif, negarif dan nol bagi siswa kelas X terhadap kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian eksperimen atau percobaan (experimental research) dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model Write Pair Switch dan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Pasundan 4 Kota Bandung dengan sampel penelitian adalah kelas X MP-1 sebagai kelas eksprimen sebanyak 30 siswa dan X MP-2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang di pilih secara acak dari 6 kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan skala sikap self-confidence. Analisis data kemampuan pemahaman matematis menggunakan uji Mann-Whitney, sedangkan self-confidence siswa menggunakan uji-t dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model Write Pair Switch lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Selain itu, self-confidence siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan model Write Pair Switch lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Dari kesimpulan tersebut maka penulis menyarankan kepada guru untuk mempertimbangkan pembelajaran dengan menggunakan model Write Pair Switch yang dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di kelas untuk kemampuan pemahaman matematis dan self-confidence siswa. Kata kunci: Model Write Pair Switch, Kemampuan Pemahaman Matematis, Self-Confidence siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:51
Last Modified: 17 Oct 2017 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30893

Actions (login required)

View Item View Item