PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Keselamatan di rumah dan di perjalanan, Subtema Aturan Keselamatan di Perjalanan Pada Siswa Kelas II SD Negeri Cibogo Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

DINAR TAWAKAL AKBAR, 135060273 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema Keselamatan di rumah dan di perjalanan, Subtema Aturan Keselamatan di Perjalanan Pada Siswa Kelas II SD Negeri Cibogo Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pembelajaran tema hidup rukun dan subtema hidup rukun di rumah. Penelitian ini dilaksa nakan di kelas II SDN Cibogo dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa naan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 5 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan , pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata – rata dari penilaian hasil belajar. Pada penilaian hasil belajar aspek sikap yang tuntas pada siklus 1 berjumlah 5 siswa, dan siklus 2 berjumlah 14 siswa, sedangkan siklus 3 yang tuntas berjumlah 23 siswa. Hasil belajar aspek pengetahuan siklus 1 nilai rata-rata yaitu 70,40, dan hasil belajar siklus 2 rata -rata nilai mencapai 70,36 sedangkan siklus 3 rata-rata nilai mencapai 78,8. Pada penilaian hasil belajar aspek keterampilan yang tuntas pada siklus 1 berjumlah 8 siswa, dan siklus 2 berjumlah 20 siswa, sedangkan siklus 3 berjumlah 22 siswa yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema hidup rukun dan subtema hidup rukun di rumah di kelas II SDN Cibogo. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tema hidup rukun dan subtema hidup rukun di rumah dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: discovery learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:30
Last Modified: 17 Oct 2017 04:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30871

Actions (login required)

View Item View Item