PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat).

Auly Rafika Yuniarti, 135060294 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas V SDN 2 Jayagiri Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER (udah ada nomor).pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I ACC.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II ACC.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB III ACC.pdf

Download (694kB) | Preview
[img] Text
16. BAB IV ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berawal dari pengamatan dan diskusi dengan guru yang menyatakan bahwa siswa kelas V-C masih banyak yang kurang semangat dan cenderung siam ketika pembelajaran tematik dalam subtema manusia dan lingkungan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data tentang cara mengefektifkan penggunaan model Problem Based Learning untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan hasil belajar siswa di kelas V-C SDN 2 Jayagiri Lembang. (PTK) dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. PTK ini direncanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus menggunakan 4 tahap penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan hasil yang baik dibuktikan dengan pencapaian hasil rata-rata siswa setiap siklusnya meningkat. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh pencapaian sebesar 79,52% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II mencapai 95%. Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh pencapaian sebesar 73,86% sedangkan hasil yang diperoleh pada siklus II mencapai 88,63%. Sementara pada hasil penilaian rasa percaya diri siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,4 sedangkan pada siklus II memperoleh skor rata-rata 3,30. Lalu pencapaian hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa setiap siklusnya meningkat. Data yang diperoleh mulai dari siklus I yakni 69,1 sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 77,32. Berdasarkan hasil yang telah dicapai oleh siswa maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning, rasa percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema manusia dan lingkungan dapat meningkat. Kata Kunci: Problem Based Learning, Rasa Percaya Diri dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:25
Last Modified: 17 Oct 2017 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30870

Actions (login required)

View Item View Item