AFINI NUR MARIPAH, 135060026 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A Sekolah Dasar Negeri ASMI Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover sip.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
abstarak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I bah yeye bener bener.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III PDF.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text
Bab 4 bah yeye.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka benar.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema keberagaman budaya bangsaku pada siswa kelas IV SD Negeri Asmi Bandung dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu kurang kreatifnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran sehingga menyebabkan pembelajaran menjadi monoton dan siswa kurang memahami materi yang telah disampaikan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, angket dan dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan sikap cinta lingkungan peserta didik pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 80%, dan siklus III sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,4 (cukup), siklus II sebesar 75,2 (baik), dan siklus III sebesar 85 (sangat baik). Serta peningkatan sikap cinta lingkungan dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 40%, dan siklus II sebesar 64%, dan siklus III sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 2,93 (baik), siklus II sebesar 3,03 (baik), dan siklus III sebesar 3,48 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap cinta lingkungan pada subtema Aku Bangga dengan Daerah Tempat Tinggalku. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 04:23 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 04:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30868 |
Actions (login required)
View Item |