NURUL FAZRIAH APRILIA AZIS, 135060295 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MENJAGA KESELAMATAN DI PERJALANAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Keselamatan d i Rumah dan Perjalanan Subtema Menjaga Keselamatan di Perjalanan Terhadap Siswa Kelas II Semester 2 SDN Cibogo Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER KUY.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (909kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Cibogo Bandung dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang termotivasi ketika belajar, sumber belajar yang minim dan siswa yang masih belum bisa mengaitkan dan mengaplikasikan pelajaran dengan kehidupan sehari-hari serta guru masih sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam w siklus dengan 6 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas, dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulannya dari hasil penlitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian keaktifan dan hasil tes belajar. Pada penilaian keaktifan nilai siklus I yaitu sebesar 3,28 sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai sebesar 3,85. Pada penilaian hasil belajar siklus I rata-rata nilai mencapai 72,2 sedangkan penilaian hasil belajar siklus II rata-rata nilai mencapai 80,8. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan di kelas II SDN Cibogo Bandung. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada Tema Keselamatan di Rumah dan Perjalanan Subtema 4 Menjaga Keselamatan di Perjalanan. Kata kunci: Discovery Learning, Keaktifan, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 04:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 04:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30864 |
Actions (login required)
View Item |