PENGGUNAAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Gentra Masekdas Kota Bandung)

ELA NUR HAYATI, 135060107 (2017) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Gentra Masekdas Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gentra Masekdas Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli dan santun serta pembelajaran yang kurang aktif, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model inkuiri. Pengumpulan data menggunakan hasil tes,observasi, dan angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 32,43% sampai dengan 89,18%, sikap peduli pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 37,83% menjadi 86,48%, sikap santun pada siklus I sampai siklus III yaitu 48,64% menjadi 89,18%, dan keterampilan siswa pada siklus I sampai siklus III memperoleh 35,13% menjadi 86,48%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 03:49
Last Modified: 17 Oct 2017 03:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30852

Actions (login required)

View Item View Item