ELA NUR HAYATI, 135060107 (2017) PENGGUNAAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Gentra Masekdas Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (781kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model inkuiri pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gentra Masekdas Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang menunjukkan sikap peduli dan santun serta pembelajaran yang kurang aktif, dikarenakan siswa masih belum berani dalam mengemukakan pendapat, bertanya atau menjawab pertanyaan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode dan media yang kurang bervariasi dan guru dalam menjelaskan materi hanya terpacu pada buku pegangan sehingga siswa cenderung menjadi pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksakan dalam 3 siklus dan kegiatan sesuai dengan tahap-tahap model inkuiri. Pengumpulan data menggunakan hasil tes,observasi, dan angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada hasil belajar siswa siklus I sampai siklus III memperoleh nilai 32,43% sampai dengan 89,18%, sikap peduli pada siklus I sampai dengan siklus III yaitu 37,83% menjadi 86,48%, sikap santun pada siklus I sampai siklus III yaitu 48,64% menjadi 89,18%, dan keterampilan siswa pada siklus I sampai siklus III memperoleh 35,13% menjadi 86,48%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model inkuiri mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci : Model Inkuiri, Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 03:49 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 03:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30852 |
Actions (login required)
View Item |