Kurniasari, 135060035 (2017) PENGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (790kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 063 Kebon Gedang. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar peserta didik karena guru selalu menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model – model pembelajaran yang lain khususnya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) belum pernah digunakan. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus pada peserta didik kelas IV SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung sebanyak 27 orang dengan topik yang diajarkan adalah Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah sebesar 33%, artinya hanya 10 orang dari 27 peserta didik yang tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 67%, artinya jumlah peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 18 orang dari 27 peserta didik. Dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan yaitu jumlah peserta didik yang tuntas mencapai 91%, artinya 25 orang dari 27 peserta didik yang tuntas. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini dapat dijadikan model alternatif yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar siswa,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 02:39 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 02:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30835 |
Actions (login required)
View Item |