“PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Perubahan Rupa Bumi di Kelas III SD Negeri Babakan Jampang 1 Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung)

RISMA RISMAYA, 135060117 (2017) “PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TELITI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Perubahan Rupa Bumi di Kelas III SD Negeri Babakan Jampang 1 Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
11COVER PDF.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO PDF.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENGLISH PDF.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA PDF.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIX BAB I PDF.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIX BAB II PDF.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIX BAB III PDF.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
FIX BAB IV PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
FIX BAB V PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (23kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap teliti dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik tema Bumi dan Alam Semesta subtema Perubahan Rupa Bumi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Babakan Jampang 1. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap teliti dan hasil belajar peserta didik, dikarenakan model pembelajaran yang digunakan masih konvensional, sehingga hanya terjadi komunikasi satu arah (teacher center). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari 3 siklus. Dari perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas III SD Negeri Babakan Jampang 1, dengan jumlah peserta didik sebanyak 25 orang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 13 peserta didik perempuan. Hasil penelitian untuk sikap teliti peserta didik pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 1,92, sedangkan pada siklus II sikap teliti peserta didik memperoleh nilai rata-rata 2,4, dan pada siklus III sikap teliti peserta didik memperoleh nilai rata-rata 3,03. Untuk nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pretest dan postest pada siklus I dengan perolehan nilai rata-rata 62,9, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 68,5 dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 75. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning dapat menumbuhkan sikap teliti dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Babakan Jampang 01 pada pembelajaran tematik Tema Bumi dan Alam Semesta dan Subtema Perubahan Rupa Bumi. Kata Kunci: Model Discovery Learning, Teliti, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:11
Last Modified: 17 Oct 2017 02:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30829

Actions (login required)

View Item View Item