PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cipaku 3)

FHENIRA GILANG CHANDRA KIRANA, 135060174 (2017) PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cipaku 3). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri Cipaku 3 dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dengan model Student Teams Achievement Division dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri atas 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah wawancara, observasi, angket, evaluasi hasil belajar siswa berupa pre tes dan post tes. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, hasil wawancara observer dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian aktifitas dan hasil tes belajar. Pada penilaian aktifitas nilai rata-rata siklus 1 yaitu 2,61 siklus II mencapai nilai rata-rata 2,78 sedangkan siklus III mencapai nilai raya-rata 3. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 67 kemudian dilakukan tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 67 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus II mendapatkan hasil 74 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus III mendapatkan hasil 84 Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase nilai awal siswa yang tuntas adalah 30% dengan kemudian Siklus I mengalami peningkatan menjadi 40% dilanjutkan kembali pada siklus II menjadi 60% dan dilanjutkan kembali pada siklus III menjadi 80% dari jumlah 30 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Student Teams Achievement Division pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman dapat menngkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Student Teams Achievement Division, Aktifitas, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Oct 2017 01:48
Last Modified: 17 Oct 2017 01:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30825

Actions (login required)

View Item View Item