KIKI ARISANDY MERDIKA, 135060017 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN SISWA KELAS IV SDN WARINGINKARYA II (Penelitian Tindakan Kelas SD Negeri Waringinkarya II Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengangkat judul Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sub Tema Kebersamaan Dalam Keberagaman Siswa Kelas IV SD Negeri Waringinkarya II. Di lapangan menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada sub tema Kebersamaan Dalam Keberagaman rendah. Hal ini diduga, guru dalam melaksanakan pembelajaran, hanya menggunakan metode yang relatif mudah dilaksanakan misalnya metode ceramah, sehingga proses pembelajaran berlangsung monoton dan siswa kurang aktif. Melalui model Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Waringinkarya II Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang pada tahun 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Berangkat dari permasalahan tersebut di atas fokus penelitian yaitu meningkatkan peran guru dalam menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran agar proses KBM lebih aktif, kreatif, dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan adalah PTK (Actions Research Class Room) dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkesinambungan sehingga meningkatkan hasil belajar siswa, mengembangkan pola pikir siswa ke arah pemikiran kritis dan dunia nyata serta menumbuhkan giat belajar dan bersungguh-sungguh dalam mempelajari serta mengembangkan aktivitas dan kreativitas berfikir. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada sub tema Kebersamaan Dalam Keberagaman di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Waringinkarya II Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Hal ini terbukti dari perolehan nilai setiap siklus mengalami peningkatan, siklus I ranah afektif 58 %, siklus II 71 %, dan siklus III 83 %. Siklus I ranah kognitif 50%, siklus II 71%, dan siklus III 83%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa tersebut menggambarkan keberhasilan suatu penelitian, Namun guru dituntut untuk lebih professional dalam menggunakan dan memilih model, metode dan bahan ajar, dan harus mampu menciptakan suasana belajar yang disenangi siswa. Kata Kunci : Penggunaan Model Problem Based Leraning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 11:46 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 11:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30809 |
Actions (login required)
View Item |