PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN BHAKTI WINAYA (Penelitian Tindakan Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsa Tahun Ajaran 2017/2018)

ELFIN RIANDESFRIZAL, 135060128 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN BHAKTI WINAYA (Penelitian Tindakan Kelas IV Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsa Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (818kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian yang berjudul penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan prestasi belajar, dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yakni rendahnya semangat belajar peserta didik serta belum baiknya sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan mereka menjadi kurang aktif pada saat belajar, sehingga berpengaruh dengan hasil dan prestasi belajar. Rata-rata hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Hal ini disebabkan karena guru belum terlalu menekankan sikap tanggung jawab saat belajar kepada siswa serta belum mampu menerapkan model pembelajaran yang cocok dan disukai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan di kelas IV SDN Bhakti Winaya Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaannya. Setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Adapun, tahapan setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Dengan demikian model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Sikap Tanggung Jawab, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:35
Last Modified: 16 Oct 2017 11:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30807

Actions (login required)

View Item View Item