PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Asmi Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

ARISKA RAHMA, 135060050 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJARA SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DAN SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Asmi Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negri Asmi Kecamatan Regol Kabupaten Bandung pada kelas IV. Dengan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa kurangnya kemampuan guru untuk memperhatikan kebutuhan siswa seperti penggunaan media, pembelajaran yang monoton dan kuranya kemampuan guru dalam mengasah siswa untuk berani bertanya dalam pembelajaran menjadi faktor dari rendahnya sikap rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus. Berdasarkan dari penelitian setiap siklusnya menunjukan hasil yang meningkat pada siklus I siswa yang sikap rasa ingin tahunya tuntas sebanyak 41% atau kurang, siklus II 76% atau cukup, siklus III 90% atau baik. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I adalah 6 2% atau kurang, siklus II 80% baik, siklus III 93% amat baik. Hal ini dikarnakan penerapan model discovery learning akan membuat peserta didik menemukan sendiri konsep dan gagasan dalam pembelajara. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan sikap Rasa ingin tahu siswa dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Discovery Learning,Rasa Ingin tahu dan Hasil Belajar Meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:31
Last Modified: 16 Oct 2017 11:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30806

Actions (login required)

View Item View Item