PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN

Andri Ecu Septriana, 135060085 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA PELESTARIAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (134kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar siswa, yang diakibatkan pembelajaran kurang efektif, sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang diberik an oleh guru dikarenakan metode yang digunakan tidak bervariasi, pembelajaran hanya berjalan satu arah dengan menggunakan motode ceramah, yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih banyak yang dibawah KKM. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran siswa yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 6 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning, yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulasi/pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian aktivitas, lembar observasi RPP dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil yang signifikan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian lingkungan. Hasil belajar dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 58%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 75%. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat menumbuhkan rasa percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Rasa Percaya Diri, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:26
Last Modified: 16 Oct 2017 11:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30805

Actions (login required)

View Item View Item