PENTINGNYA MOTIVASI EKTRINSIK GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Studi Deskriptif ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kalijati Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang)

YUGO HARIANGGA, 135010054 (2017) PENTINGNYA MOTIVASI EKTRINSIK GUNA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Penelitian Studi Deskriptif ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kalijati Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
cover skripsi yugo.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak yugo.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract yugo.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I yugo.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II yugo.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III yugo.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
BAB IV yugo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
BAB V yugo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka yugo.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di kelas serta adanya upaya sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Kalijati. Sekolah dan guru memberikan pengaruh besar serta kontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Oleh karena itu penulis mencoba melihat adanya upaya sekolah dan guru dalam memberikan motivasi secara ekstrinsik kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan subjek penelitian adalah Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kalijati dan guru mata pelajaran PPKn serta populasi siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Kalijati. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah wawancara yang diberikan kepada Kepala Sekolah dan guru mata pelajaran PPKn, serta kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Kalijati. Wawancara untuk mengetahui kondisi pembelajaran, upaya sekolah dan guru dalam memberikan motivasi ekstrinsik kepada siswa. Angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dan terhadap motivasi ekstrinsik yang diberikan sekolah dan guru. Data direduksi kemudian diolah. Teknik penyajian data dalam penelitian ini adalah uraian singkat yang kemudian digambarkan dalam bentuk bagan. Hasil penelitian motivasi ekstrinsik yang diberikan sekolah dan guru mata pelajaran PPKn adalah berupa hadiah bagi siswa berprestasi dan nilai bagi siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Temuan penelitian, yaitu bahwa motivasi ekstrinsik penting untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sekolah dan guru berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Oleh karena itu sekolah guru harus berupaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: motivasi ekstrinsik, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 10:36
Last Modified: 16 Oct 2017 10:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30797

Actions (login required)

View Item View Item