PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri 161 Sukapura Tahun Ajaran 2017/2018)

Ayu Sugiarti Rahayu, 135060112 (2017) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas di Sekolah Dasar Negeri 161 Sukapura Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (728kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Masalah yang terdapat pada kelas penelitian yaitu rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 161 Sukapura pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Faktor penyebab dari rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa adalah dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah pada saat proses belajar. Pembelajaran cenderung membosankan dan siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) yang bertujuan untuk melihat apakah kreativitas dan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV meningkat bila menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Penelitian dilaksanakan di SDN 161 Sukapura dengan jumlah siswa kelas IV berjumlah 32 siswa. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teori Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada penilaian kreativitas persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 62,5%, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasannya mencapai 87,5%. Pada penilaian hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasannya mencapai 59,375% sedangkan pada siklus II persentase ketuntasannya mencapai 93,75%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 161 Sukapura. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PJBL yang digunakan oleh guru sudah tepat. Terbukti dengan adanya peningkatan persentase pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:04
Last Modified: 16 Oct 2017 08:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30789

Actions (login required)

View Item View Item