Dessy Meydayanti, 135060239 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cicalengka 05 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
10.ABSTRAK INDO.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (957kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning pada Subtema Kekayaan Alam di Indonesia. Kegiatan penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Cicalengka 05. Yang melatar belakangi penelitian ini adalah bagaimana guru masih menggunakan metode ceramah, dan kurangnya penguasaan beberapa model pembelajaran, akibatnya siswa pada proses pembelajaran menjadi kurang aktif bertanya. Selanjutnya penelitian ini dilakukan dengan menggunakanmetode “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari desain penelitian Arikunto”. Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran problem based learning. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes (posttest), angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rencana Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 3,20 pada siklus II sebesar 3,40 dan pada siklus III sebesar 3,67. Pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada siklus I sebesar 3,39, pada siklus II sebesar 3,40 dan pada siklus III sebesar 3,90. Hasil belajar pada ranah afektif sikap percaya diri pada siklus I sebesar 32%, pada siklus II sebesar 88% dan pada siklus sebesar 100%. Sikap peduli pada siklus I mencapai 18%, pada siklus II sebesar 50% dan pada siklus III sebesar 100%. Selanjutnya pada ranah kognitif siklus I mencapai 64%, pada siklus II sebesar 94% dan pada siklus III sebesar 100%. Sikap bertanggung jawab pada siklus I persentase 38%, siklus II sebesar 85% dan siklus III sebesar 100%. Selanjutnya pada ranah psikomotor (keterampilan mengkomuniksikan) siklus I sebesar 18%, pada siklus II sebesar 50% dan pada siklus III sebesar 94%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswapa da subtema kekayaan alam di Indonesia di kelas IV SDN Cicalengka 05. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada subtema kekayaan alam di Indonesia. Kata kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 07:19 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 07:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30778 |
Actions (login required)
View Item |