“PEGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS ” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Kelas IV SD Negeri Kiaraeunyeuh Kabupaten Bandung Tahun 2016-2017)

RINALDI YUSWARA, 135060247 (2017) “PEGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS ” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pokok Bahasan Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Kelas IV SD Negeri Kiaraeunyeuh Kabupaten Bandung Tahun 2016-2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDO.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB III.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Example non example pada pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi komunikasi, produksi dan transportasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kiaraeunyeuh Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan motivasi belajar dan rendahnya hasil belajar siswa yang kurang dari KKM didalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah dan belum melaksanakan model pembelajaran Example non example. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksa naan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan pada setiap siklusnya menerapkan model pembelajaran Example non example yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Memberikan orientasi tentang permasalahan pada siswa, Mengorganisasikan siswa untuk meneliti, Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Example non example dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Hal tersebut dapat di lihat dari nilai rata-rata peningkatan Motivasi belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I memperoleh rata-rata 65,8 dengan katagori cukup, siklus II memperoleh rata-rata 78,6 dengan katagori baik dan siklus III memperoleh rata-rata 84,03 dengan katagori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model Example non example sangat menunjang terhadap peningkataan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penerapan model Example non example dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada materi perkembangan teknologi komunikasi, produksi dan transportasi. Kata kunci: Example non example, Motivasi,Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:46
Last Modified: 16 Oct 2017 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30769

Actions (login required)

View Item View Item