UPAYA MENIGKATKAN, MINAT BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ,INQUIRING MIND WANT TO KNOW BAGI SISWA KELAS V PADA TEMA 1 BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR, SUBTEMA 3 MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 184 Buah Batu Utara Kota Bandung)

MALDINA MAULIDA SUDARMAN, 135060251 (2017) UPAYA MENIGKATKAN, MINAT BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ,INQUIRING MIND WANT TO KNOW BAGI SISWA KELAS V PADA TEMA 1 BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR, SUBTEMA 3 MANUSIA DAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 184 Buah Batu Utara Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B. INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB III.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini , dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan strategi pembelajaran Inquiring Mind Want To Know pada subtema manusia dan lingkungan. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 184 Buah Batu Utara Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang masih mengajar bersifat teacher centered, sehingga membuat siswa kurang aktif dikelas, dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap kerjasama, teliti dan berkomunikasi dan minat belajar siswa kelas V SDN 184 Buah Batu Utara yaitu dengan menggunakan strategi inquiring mind want to know pada subtema manusia dan lingkungan. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 3 siklus pembelajaran sesuai dengan sintak strategi Pembelajaran Inquiring Mind Want To Know, pengumpulam data mengunakan teknik observasi, hasil tes (posttest), dan wawancara.Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiring Mind Want To Know dapat meningkatkan minat belajar siswa. (1) sikap kerjasama siswa. Pada siklus I persentase siswa yang 40%, siklus II 60% dan siklus III 88% (2) sikap teliti siswa pada silkus I 52%, pada siklus II 60% dan pada siklus III 84% (3) keterampilan berkomunikasi siswa pada siklus I 44%, pada siklus II 64% dan pada siklus III 88% (4) minat belajar siswa meningkat menggunakan strategi pembelajaran Inquiring Mind Want To Know. Pada siiklus I 33%, pada siklus II 50% dan pada siklus III 88%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunakan strategi pembelajaran Inquiring Mind Want To Know mampu meningkatkan minat belajar siswa SDN 184 Buah Batu Utara Kota Bandung. Dengan demikian, penggunaan model Pembelajaran Inquiring Mind Want To Know dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada subtema manusia dan lingkungan. Kata Kunci : strategi pembelajaran inquiring mind want to know dan minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:40
Last Modified: 16 Oct 2017 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30765

Actions (login required)

View Item View Item