PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Parakan Mulya I Kp Pasir Malang Desa Parakan Mulya Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang)

LIA ANGGRAENI, 135060237 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Parakan Mulya I Kp Pasir Malang Desa Parakan Mulya Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABTRAK B SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB II METODE PENELITIAN.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
18 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa serta rendahnya kerjasama siswa selama proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan penyampaian materi masih berpusat pada guru sehungga pembelajaran menjadi membosankan dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Parakan Mulya I Kp Pasir Malang Desa Parakan Mulya Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model discovery learning sebagai alternatif dalam pemecahan masalah dan sebagai strategi dalam memperbaiki masalah pembelajaran. Dalam penelitian ini menjadi subjeknya adalah siswa kelas IV Parakan Mulya I yang berjumlah 40 orang siswa, 18 orang perempuan dan 22 orang laki-laki. Model penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kemmis dan taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 tahap, yaitu identifikasi masalah, stimulation atau rangsangan, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus I yaitu 13,32, siklus II nilai rata -rata 17,42, dan siklus III nilai rata-rata 18,75. Hasil belajar siklus I pada pretes nilai rata-rata yaitu 59,75 sedangkan postest nilai rata-rata yaitu 66,75, hasil belajar siklus II pada pretest nilai rata -rata 64,25 sedangkan postest nilai rata-rata yaitu 68 dan hasil belajar siklus III pada pretest nilai rata-rata yaitu 72,25 sedangkan pada postest nilai rata-rata yaitu 79,25. Hal ini berarti telah terdapat adanya suatu perubahan peningkatan kualitas pembelajaran, maka dari itu dapat dikatakan berhasil. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model discovery learning sangat menunjang terhadap hasil belajar dan kerjasama. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran. Kata Kunci : Discovery learning, hasil belajar, kerjasama.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:36
Last Modified: 16 Oct 2017 06:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30764

Actions (login required)

View Item View Item