PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (PenelitianTindakan Kelas di kelas IV SDN Sukamulya Kecamatan Paseh Kab. Bandung)

NINA SARAH, 135060224 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (PenelitianTindakan Kelas di kelas IV SDN Sukamulya Kecamatan Paseh Kab. Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B INDONESIA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK B INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK B SUNDA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB II.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB III.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text
18 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
19 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Learning pada subtema makananku sehat dan bergizi. Kegiatan penelitian i ni dilaksanakan di kelas IV SDN Sukamulya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang masih mengajar bersifat teacher centered, sehingga membuat siswa kurang aktif dikelas, dan kurang antusias dalam mengikuti proses pembelajara. Berdasarkan latar belakang tersebut upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan sikap teliti, percaya diri dan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukamulya yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning pada subtema makananku sehat dan bergizi. PTK ini terdiri dari 3 siklus pembelajaran sesuai dengan sintak model Pembelajaran Discovery Learning, pengumpulam data mengunakan teknik observasi, hasil tes (posttest), angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (1) sikap teliti siswa. Pada siklus I persentase siswa yang 60%, siklus II 67% dan siklus III 83% (2) sikap percaya diri siswa pada silkus I 61%, pada siklus II 70% dan pada siklus III 83% (3) sikap kerjasam a siswa pada siklus I 64%, pada siklus II 71% dan pada siklus III 83% (4) pemahaman siswa pada siklus I 63%, pada siklus II 68%, dan pada siklus III 75% (5) keterampilan siswa pada siklus I 69%, pada siklus II 76% dan pada siklus III 82% (6) hasil belajar siswa meningkat menggunakan model Discovery Learning. Pada siiklus I 33%, pada siklus II 50% dan pada siklus III 88%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penggunakan model pembelajaran Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswapada subtema makananku sehat dan bergizi kelas IV SDN Sukamulya. Dengan demikian, penggunaan model Pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan sebagai salah satu alternative pembelajaran untuk diterapkan di kelas salah satunya pada subtema makananku sehat dan bergizi. Kata Kunci : Model pembelajaran Discovery Learning dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:29
Last Modified: 16 Oct 2017 06:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30762

Actions (login required)

View Item View Item