HERIS FATMALASARI, 135050006 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
halaman Sampul.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I FIX.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II FIX.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III FIX.pdf Download (344kB) | Preview |
|
Text
BAB 1V FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep. Hal ini sesuai dengan tujuan umum pendidikan matematika menurut Permendiknas (2006), serta fakta rendahnya kemampuan pemahamn konsep matematis berdasarkan observasi peneliti. Mengingat begitu pentingnya strategi dalam pemahaman konsep matematika, maka untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep sangat diperlukan langkah -langkah yang dapat mempermudah pemahaman dan penyelesaian masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning; 2) Untuk mengetahui Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan eksperimen murni. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Sumatera 40 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 175 siswa dan terdistribusi ke dalam lima kelas. Sampel yang digunakan adalah Siswa kelas X.A (eksperimen) dan kelas X.C (kontrol) yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, dan angket Self-Regulated Learning. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji two Independent Sample t-Test dan uji Mann Whitney dengan bantuan software Microsoft Excel dan software SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning 2) Peningkatan Self-Regulated Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian model Missouri Mathematics Project (MMP) berbasis kontekstual dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Berbasis Kontesktual, Kemampuan Pemahaman konsep Matematis, Self-Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 06:20 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 06:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30759 |
Actions (login required)
View Item |