PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SD Negeri Malangbong 1)

IVANA SAGITA, 135060139 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV A SD Negeri Malangbong 1). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK B. INDO.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRACK B. INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 BAB I ACC.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 BAB II ACC.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 BAB III ACC.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
18 BAB IV ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
19 BAB V ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
20 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa penggunaan model problem based learning pada subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan siswa di SD Negeri Malangbong 1 yang memiliki hasil belajar rendah, karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional dimana dalam menyampaikan materi pembelajaran di kelas guru masih kurang variatif. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Malangbong 1. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan III Siklus. Satu siklus terdiri dari 2 (dua) kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian menggunakan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Pada aspek sikap (sosial) pada siklus I mencapai 54% dengan kategori kurang, pada siklus II 64% dengan kategori kurang, kemudian pada siklus III 81% dengan kategori baik. Pada aspek pengetahuan siklus I mencapai 72%, pada siklus II 81%, kemudian pada siklus III mencapai 94%. Pada aspek keterampilan siklus I hanya 68%, pada siklus II mencapai 83%, kemudian pada siklus III menjadi 86%. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata sikap percaya diri, peduli dan tanggung jawab siswa dari siklus I sampai III. Yaitu pada siklus I sikap percaya diri mencapai 68% dengan kategori kurang, pada siklus II mencapai 75%, kemudian pada siklus III menjadi 83% dengan kategori baik, sikap peduli siklus I mencapai 89%, pada siklus II 91%, kemudian pada siklus III meningkat menjadi 94% dengan kategori baik, sikap tanggung jawab siklus I mencapai 75%, siklus II 81%, kemudian siklus III meningkat menjadi 86% dengan kategori baik.. Dengan demikian penggunaan model problem based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk di terapkan pada pembelajaran subtema pelestarian kekayaan sumber daya alam di indonesia. Kata kunci: problem based learning, hasil belajar, sikap percaya diri, sikap peduli sikap tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:12
Last Modified: 16 Oct 2017 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30755

Actions (login required)

View Item View Item